PROFIL
SEKOLAH
Sesuai dengan permendiknas
No. 19 / 2007, Rencana Kerja Tahunan SMP Muhammadiyah 2 Tegal memuat 8
(Delapan) komponen atau kategori, yaitu (1) kesiswaan, (2) kurikulum dan
kegiatan Pembelajaran, (3) pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya,
(4) sarana prasarana, (5) keuangan dan pembiayaan, (6) budaya dan lingkungan
Sekolah, (7) peran serta masyarakat dan kemitraan, dan (8) lain-lain yang
mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.
Berkaitan dengan hal
diatas deksripsi mengenai profil SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal dikemukakan
dibawah ini.
A.
Kesiswaan
1.
Jumlah siswa perkelas yang sudah di isyaratkan yaitu 32siswa
per kelas, sedangkan kenyataannya rata-rata jumlah siswa per kelas 31 orang
jumlah ruang kelas 3
2.
Penyiapan manajemen peserta yang dididik sudah ada yaitu
sistem penerimaan peserta didik pengadministrasian siswa, kesehatan siswa,
penentuan kenaikan kelas/ kelulusan dan pendataan. Namun sistem bimbingan
konseling peserta didik belum ada
3.
Bantuan peserta didik kurang mampu secara ekonomi diwujudkan
dalam bentuk pembebasan iuran sekolah, keringanan iuran sekolah, dan bea siswa.
Namum dalam hal pembebasan buku teks, seragam sekolah, transportasi, masih
belum terwujud
4.
Perlakuan khusus dalam hal bakat, dan minat peserta sudah
dilakukan, melalui pelatihan-pelatihan. Namun dalam hal pelatihan dan seni,
lukis, sepak bola, bela diri, minat berbicara dan menulis belum ada perlakuan
khusus
5.
Perlakuan menangani peserta didik putus sekolah belum ada
6.
Perlakuan terhadap peserta didik tinggal di kelas/tidak
lulus adalah memberi tambahan belajar untuk siswa yang tinggal di kelas
B.
Kurikulum dan
Kegiatan Pembelajaran
1.
Perencanaan Proses Pembelajaran
Pada umumnya perencanaan
proses pembelajaran berjalan dengan baik, namum demikian terdapat hal-hal yang
perlu mendapat perhatian dan peningkatan, yaitu belum tersedia sumber
belajar/bahan ajar interaktif, kontestual, dan media/alat bantu pembelajaran
untuk mata pelajaran Ciri Khusus, PKN, B.Indonesia, Matematika, IPA, IPS kelas 7,
8 da 9. Walaupun silabus dan RPP untuk semua mata pelajaran di kelas 7, 8 dan 9
sudah tersedia, namum masih perlu disempurnakan.
2.
Pelaksanaan Proses Pembelajaran
Pelaksanan proses
pembelajaran dilakukan dengan baik sesuai RPP terutama dalam hal penggunaan
strategi, metode, bahan ajar, dan
penilaian berbasis kelas dari kelas 7 sampai dengan 9
3.
Prestasi Akademik
a.
Rata-rata nilai ujian sekolah untuk semua bidang studi
relatif stabil, namun terjadi penurunan nilai Matematika (7, 40 : 6,37 : 4,00)
dan IPA ( 6.18 : 7.00; 6.00)
b.
Nilai raport pada siswa
kelas I dengan VI juga stabil namun dalam mata pelajaran matematika, B, Indonesia,
dan PKN mengalami penurunan
c.
Persentase jumlah lulusan setiap tahun stabil yaitu 100%
d.
Presentase jumlah siswa yang melanjutkan ke SMP setiap
tahun stabil 100%
C.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.
Sumber daya pendidikan
a.
Kondisi Guru
Guru PNS berjumlah 2orang,
yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai berjumlah 8 orang, 4 orang
belum berpendidikan S 1, guru honor berjumlah 11 orang, 7 orang sedang melanjutkan
pendidikan S 1, 4 orang masih berpendidikan D. II PGMI dan D.II PAI.
b.
Kondisi Kepala Sekolah
Pada dasarnya kompetensi
yang dimiliki kepala sekolah baik. Namun dalam hal kepemilikan wawasan
manajemen berbasis sekolah, dan jiwa
kewirausahaan, masih kurang
D.
Sarana dan Prasarana
1.
Kondisi perabot sekolah terdapat kerusakan yang perlu
diperbaiki, yaitu jumlah meja dan kursi siswa banyak yang rusak (85 %).
2.
Jumlah buku teks dan sumber belajar setiap bidang studi
tidak lengkap dan kurang dari jumlah siswa.
3.
Kondisi ruang belajar cukup baik dan representatif
E.
Keuangan dan Pembiayaan
Pendanaan ada
kecenderungan semakin naik, terutama sejak adanya BOS tetapi untuk memenuhi
kebutuhan sekolah dirasa sangat kekurangan, seperti Infak dan jariyah masih
belum lancer
F.
Budaya dan Lingkungan Sekolah
Secara umum program
kebersihan, keindahan, keamanan, dan ketertiban sudah dilaksanakan, namun dalam
hal kebersihan dan kerapian taman, tempat bermain dan gedung sekolah masih
kurang.
G.
Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan
- Komite Sekolah
a.
Secara umum komite telah :(1) sudah mengerti tujuan,
peran dan fungsinya, (2) memiliki struktur organisasi, memiliki AD/AR, memiliki
program kerja, dan ada laporan pertanggung jawaban
b.
Komposisi anggota komite sekolah sudah mewakili dari
berbagai stakeholder, yaitu dari orang tua mampu dan tidak mampu secara
ekonomi, ahli pendidikan, tokoh masyarakat, dan sebagainya
c.
Pertemuan anggota komite yang terjadwal masih belum ada.
Anum biasanya dilakukan tidak terjadwal
d.
Secara umum anggota komite sekolah sudah mengeri peran
dan fungsi komite sekolah yaitu sebagai pemberi pertimbangan, pendukung,
pengontrol, dan penghubung antara sekolah dengan masyarakat dan lembaga lain,
namum belum dilaksanakan
- Dukungan Masyarakat Lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar