VISI, MISI DAN TUJUAN SMP MUHAMMADIYAH 2 TEGAL
A. Visi dan Misi Sekolah
Visi SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal
Terselenggaranya pendidikan
Islami Bebas TBC yang Mencetak Generasi Cerdas, Kreatif, Berakhlak Mulia dan Berwawasan
Lingkungan
Visi ini dipilih untuk tujuan jangka panjang,
jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini dipilih juga untuk menjiwai warga
sekolah agar selalu berusaha mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam
mencapai tujuan sekolah. Sebagai indikator visi adalah:
1. Terwujudnya
Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) yang berciri dan bermuatan islami
2. Terwujudnya
lulusan yang beraqidah lurus, cerdas, kompetitif, dan cinta tanah air
3. Terwujudnya
proses pembelajaran yang efektif dan efisien
4. Terwujudnya
standar sarana prasarana pendidikan yang relevan dan mutahir
5. Terwujudnya
sistem penilaian autentik yang responsibel, dan akuntabel
6. Terwujudnya
manajemen sekolah yang professional, akuntabel dan transparan.
7. Terwujudnya
pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu menjadi suri tauladan bagi peserta
didik dan lingkungan.
8. Terwujudnya
lingkungan sekolah yang aman, nyaman, asri dan bersih
Misi SMP Muhammadiyah 2 Kota
Tegal
1. Mewujudkan
dokumen KTSP yang berciri dan bermuatan
islami
2. Mewujudkan generasi yang
beraqidah lurus, cerdas, kompetitif, dan cinta tanah air.
3. Mewujudkan
proses pembelajaran yang efektif dan efisien
4. Meningkatkan
sarana prasarana pendidikan yang memadai
5. Melaksanakan
penilaian autentik yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat diakses seluruh
warga sekolah.
6. Melaksanakan
manajemen sekolah menuju standar nasional pendidikan
7. Mewujudkan budaya ikhlas
dalam berusaha dan bekerja serta memberi contoh yang baik bagi
lingkungan sekolah
8. Mewujudkan
lingkungan sekolah yang aman, nyaman, rindang, asri dan bersih
B. Tujuan Sekolah
Persyarikatan
Muhammadiyah merupakan gerakan amar ma’ruf nahi munkar, yang bersumber pada Al
Quran dan As Sunah, bercita-cita dan bekerja untuk mewujudkan masyarakat utama
dan makmur yang diridhoi Allah SWT, sekaligus untuk melaksanakan fungsi dan
misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi. Cita-cita tersebut
harus mewarnai setiap warga sekolah di perguruan Muhammadiyah, dibarengi sikap
disiplin sesuai aturan bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan tetap
menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan pelayanan sepenuh hati.
Tujuan
sekolah mengacu pada tujuan umum pendidikan
dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut. Sedangkan secara khusus, tujuan SMP Muhammadiyah 2 kota Tegal
pada akhir tahun pelajaran 2015/2016, sekolah mampu:
1.
Aspek Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
a. Sekolah
mampu menghasilkan lulusan yang dapat bersaing melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
b.Sekolah mampu
menghasilkan peserta didik yang dapat berprestasi dalam pertandingan atau
perlombaan bidang seni dan olah raga
c. Sekolah
mampu meningkatkan pengetahuan keagamaan bagi peserta didik
d. Sekolah
mampu meningkatkan penghayatan dan pengamalan keagamaan bagi peserta didik
e. Sekolah
mampu meningkatkan kepedulian sosial peserta didik
2.
Aspek Pemenuhan Standar isi
a. Sekolah
mampu menghasilkan Dokumen KTSP dengan lengkap
b.Sekolah
mampu menghasilkan silabus semua mata pelajaran dan untuk semua
jenjang/kelas/tingkatan
c. Sekolah
mampu memenuhi/menghasilkan RPP semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan
d. Sekolah
mampu menghasilkan diversifikasi kurikulum agar relevan dengan kebutuhan
peserta didik
3.
Aspek Pemenuhan Standar Proses
a. Sekolah
mampu melaksanakan pembelajaran dengan metode CTL, pendekatan belajar tuntas,
pendekatan pembelajaran individual
b. Sekolah
mampu melaksanakan pembinaan peserta didik secara kompetitif
c. Sekolah
mampu menyelenggaraan program ekstrakurikuler dengan optimal
d. Sekolah
mampu membentuk budaya mutu sekolah yang positif
4.
Aspek Pemenuhan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a. Sekolah mampu memenuhi standar kualifikasi akademik
guru minimal S1
b. Sekolah memfasilitasi guru untuk melanjutkan studi
ke jenjang S2
c. Sekolah memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi akademik sesuai Standar
Pelayanan Minimal (SPM)
5.
Aspek Pemenuhan Standar Sarana Prasarana
a. Sekolah
mampu memenuhi semua sarana dan prasarana pendidikan minimal sesuai dengan SPM
b. Sekolah
mampu menyediakan fasilitas pembelajaran yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan
ke depan
6.
Aspek Pemenuhan Standar Pengelolaan
a.Sekolah memiliki Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau
rencana kerja jangka menengah/rencana kerja empat tahunan yang disusun memuat
standar dalam SNP
b. Sekolah memiliki Rencana Kegiatan dan Anggaran
Sekolah (RKAS) atau rencana kerja jangka pendek/rencana kerja satu tahun dengan sistematika sesuai pedoman
c. Sekolah mampu
memenuhi kelengkapan administrasi perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan
evaluasi penyelenggaraan sekolah
7.
Aspek Pemenuhan Standar Pembiayaan
a. Sekolah mampu
menyelenggarakan pembiayaan kegiatan
yang transparan dan akuntabel
b. Sekolah mampu mewujudkan jalinan kerjasama dengan masyarakat dan orang tua melalui Komite Sekolah
c. Sekolah mampu merealisasikan pembiayaan sekolah dengan model subsidi silang
b. Sekolah mampu mewujudkan jalinan kerjasama dengan masyarakat dan orang tua melalui Komite Sekolah
c. Sekolah mampu merealisasikan pembiayaan sekolah dengan model subsidi silang
8.
Aspek Pemenuhan Standar Penilaian
a. Sekolah
mampu menyelenggarakan sistem penilaian yang sesuai standar
b. Sekolah
mampu melaksanakan penilaian yang menggunakan instrumen bervariasi
9.
Aspek Pemenuhan Standar Lingkungan Sekolah
a. Sekolah
mampu mengembangkan budaya bersih
b. Sekolah
mampu menciptakan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, dan sejuk
c. Sekolah
mampu menciptakan sistem sanitasi/drainasi
d. Sekolah
mampu menciptakan budaya tata krama “in action”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar