Rabu, 03 Mei 2017

PAHLAWAN TANPA TANDA JASA ERA UNBK


Peringatan Hardiknas tahun 2017 ditandai dengan hari pertama siswa SMP diuji melalui Ujian Nasional.  UNBK dan UNKP menjadi pilihan model penyelenggaraannya. PTK dipastikan sangat sibuk,  kecuali bagi mereka yg pura2gak tahu atau gak mau tahu.  Ada yang sibuk menempel nomer peserta  di meja,  ada yg  sibuk bersih2 lingkungan sekolah, banyak yg berperan sebagai pengawas,  namun tidak sedikit yg  masa bodoh merencanakan  untuk libur sekolah.  

Sebagian  besar dengan keterbatasan dan alasan,  banyak anak yg masih harus  menggunakan pensil sebagai penanda pilihan.  Sebagian kecil lainnya akan memencet  keyboard  memastikan  pilihan.

Ditengah2 persiapan UNBK,  banyak yg belum menghargai peran operator,  teknisi dan proktor. Dengan  segala  keterbatasan  dan kekebihannya mereka ditunjuk untuk persiapkan segala tetekbengeknya.  Berbagai istilah telah mereka lakukan, input,  cek DNT,  aktivasi, simulasi, sinkronisasi dan sejenisnya.  

Istilah proktor,  teknisi dan operator merupakan  jenis aktivitas yg harus semakin kita hargai dalam dunia pendidikan. Tidak sedikit yg belum begaji tetap alias PTT yg honornya hanya cukup untuk beli bensin. Seakan tidak sebanding dengan jumlah waktu bekerja dan rasa penat didepan monitor.  

Sekian ribu  siswa nasibnya tergantung  kejelian engkau melakukan langkah dan berbagai panduan media elektronik.  Nama baik sekolahmu  juga tergantung seberapa keringat yg engkau teteskan.  Selama ujian juga ditentukan seberapa kuat engkau menahan ngantuk. 

Adakah orangtua siswa yg  menyapamu? 
Seberapa banyak rekan kerja yg menawari sesuap nasi ditengah2 kesibukanmu?  
Seberapa besar pengertian suami atau istri  kepadamu? 
Seberapa besar honor yg akan kamu terima nanti?

Dengan segala keikhlasan  kuyakin engkau akan menerima perhatian dan buah jerihpayahmu. 

Engkau adalah sahabat dan salah satu  rekan  kerja  terbaikku yg layak mendapatkan penghargaan  dari semua pihak. 

SELAMAT BEKERJA dan BERJUANG kawan kawan. 




 Pembukaan Hari Ke Dua UNBK 

Baris sebelum ujian dimulai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar